Sejarah :

Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 1 Januari 1958. Namun karena adanya perubahan nomeklatur dari Jurusan Biologi menjadi Program Studi Biologi, maka pada tahun 1996 diterbitkan SK baru dengan nomor SK No 217/DIKTI/Kep/1996. Berdasarkan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor:018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006 tanggal 2 November 2006, Jurusan Biologi terakreditasi A (Sangat Baik)

Saat ini Jurusan Biologi menempati bangunan berlantai dua seluas 1710 m2 dan gedung laboratorium dasar seluas 800m2 yang berlokasi di kampus Unpad Jatinangor. Seluruh sarana dan prasarana tersebut diperuntukan bagi kegiatan pendidikan dan penelitian mahasiswa S1. Ditinjau dari sumberdaya manusia yang ada, saat ini Jurusan Biologi memiliki 48 orang dosen yang terdiri dari 18 orang bergelar doktor (enam diantaranya Guru Besar), lima orang kandidat doktor, 20 orang master serta 10 orang sarjana. Dan dibantu oleh tujuh tenaga pendukung yang bekerja di bidang administrasi umum dan administrasi akademik. Sejak tahun 1958 hingga saat ini, Jurusan Biologi telah menghasilkan lebih dari 1000 orang lulusan sarjana. Rata-rata jumlah lulusan pada lima tahun terakhir di Jurusan Biologi adalah 70 sarjana setiap tahunnya, jumlah ini mencapai sekitar 80-90% dari jumlah mahasiswa setiap angkatannya.

Profil Jurusan Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran

Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran didirikan pada tanggal 1 Januari 1958, sejak berdiri hingga saat ini hanya terdiri dari satu program studi yaitu Biologi berdasarkan SK No 217/DIKTI/Kep/1996.

Pelaksanaan pendidikan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi di bidang biologi yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

Untuk mencapai tujuan pendidikan di atas, berbagai mata kuliah wajib dan pilihan yang relevan dengan isu-isu aktual di bidang Biologi diberikan kepada mahasiswa. Matakuliah yang diberikan tersebut tidak hanya menyangkut pengetahuan biologi yang bersifat teoritis saja, tetapi juga disertai dengan aplikasinya dalam pembangunan nasional. Keterpaduan antara pengetahuan teoritis dan praktis tersebut sekaligus untuk memasuki persaingan lapangan kerja setiap lulusan. Untuk membantu pencapaian tersebut melalui SKS muatan lokal mahasiswa diarahkan kedalam tiga pilihan kajian utama, yaitu :

  1. Biologi Sains,
  2. Mikrobiologi,
  3. Biologi Lingkungan

Jumlah SKS yang harus ditempuh untuk Program Sarjana minimum 144 SKS.

Kegiatan belajar mengajar dilakukan di Kampus Unpad Jatinangor, yang menempati gedung dua lantai dengan luas 1800 m2 dan satu laboratorium dasar dengan luas 500 m2.

Sarana dan prasarana setiap laboratorium pendidikan dan penelitian telah dilengkapi dengan peralatan yang cukup memadai dan bersifat mandiri. Untuk mendukung pelaksanaan PBM, dibentuk 10 Laboratorium Pendidikan, meliputi:

  1. Lab. Struktur & Perkembangan Tumbuhan
  2. Lab. Struktur & Perkembangan Hewan
  3. Lab. Fisiologi Tumbuhan
  4. Lab. Fisiologi Hewan
  5. Lab. Biologi Lingkungan
  6. Lab. Taksonomi Tumbuhan
  7. Lab. Taksonomi Hewan
  8. Lab. Mikrobiologi
  9. Lab. Biologi Dasar
  10. Lab. Genetika

Serta satu Laboratorium Penelitian, selain itu untuk praktikum lapangan di dalam kampus, Biologi Unpad memiliki Laboratorium Hidup berupa Arboretum seluas 12 Ha yang memiliki lebih dari 500 jenis tumbuhan (± 1200 individu), yang sebagian besar merupakan jenis tanaman langka di Propinsi Jawa Barat.  Di Jurusan Biologi juga tersedia rumah kaca yang mampu menampung sekitar 10 mahasiswa penelitian. Semua fasilitas tersebut di atas disediakan dengan tujuan untuk membuat belajar mengajar menjadi lebih komprehensif.

Lulusan Sarjana dari Jurusan Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran dapat melanjukan ke jenjang pendidikan S-2, baik yang ada di lingkungan PPs Universitas Padjadjaran maupun PTN lain atau PTS yang menyelenggarakan pendidikan S-2, baik dengan jurusan yang linier (sama) maupun jurusan-jurusan lainnya.

Prospek kerja lulusan sangat baik, karena lapangan kerja yang dapat dimasuki sangat luas. Berdasarkan data alumni yang ada, lulusan Jurusan Biologi FMIPA Universitas Padjadjaran, yang bekerja di instansi pemerintah tersebar di : Diknas, LIPI, Dephut, Deptan, Depkes, DKP, Dephan, KLH, BUMN, BPPT, Pemda, Kepolisian dll. Di instansi swasta tersebar di : Konsultan, industri obat, industri makanan, industri pertambangan dan energi, industri media, perbankan, LSM Lingkungan Hidup dll. Serta Wiraswasta.

Dalam rangka mengembangkan kapasitas institusi, Jurusan Biologi berupaya secara terus menerus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintah maupun non pemerintah (LSM dan organisasi profesi) dari dalam maupun luar negeri. Pada umumnya kerjasama tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan penelitian dengan melibatkan staf pengajar dan mahasiswa. Instansi pemerintah di luar lingkungan Universitas Padjadjaran yang telah lama menjalin kerjasama dengan Jurusan biologi adalah, antara lain, LIPI, BBPT, balai-balai penelitian di bawah Departemen Pertanian, Ditjen Pelestarian dan Konservasi Alam, Puslitbang Hutan, Balai konservasi Sumberdaya Alam, Perum Perhutani. Sedangkan lembaga non pemerintah yang aktif menjalin kerja sama dengan Jurusan Biologi antara lain adalah Yayasan KEHATI, Yayasan Pribumi Alam Lestari, Yayasan KONUS. Jurusan Biologi juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional seperti JICA, University of Kyoto dan Tokyo University. Beberapa staf pengajar Jurusan Biologi juga aktif baik sebagai staf ahli dan peneliti, pengurus maupun technical advisor di beberapa lembaga penelitian Pemerintah, swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Pusat Penelitian Sumberdaya Alam dan Lingkungan-UNPAD, Departemen Kehutanan, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal), Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Pertambangan, East West Centre-Hawaii, Asosiasi Primata Indonesia, Himpunan Toksikologi Indonesia, dan lainnya.

Staf Pengajar Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran berjumlah 46 Orang dengan berbagai keahlian di bidang biologi, yang terdiri 18 Dosen lulusan S-3 (tujuh diantaranya Guru Besar), 22 Dosen lulusan S-2 dan 6 Dosen lulusan S-1. Berdasarkan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 018/BAN-PT/Ak-X/S1/XI/2006 tanggal 2 November 2006, Jurusan Biologi terakreditasi A.